Wednesday, February 1, 2017

WOW Setrika Pakai Arang Zaman Dulu ,Kini Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala !

WOW Setrika Pakai Arang Zaman Dulu ,Kini Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala !


Generasi yang lahir era 90-an mungkin tidak pernah merasakan menyetrika dengan bahan bakar arang.
Setrika terbuat dari besi atau kuningan, yang besarnya dua kali ukuran setrika listrik yang biasa digunakan rumah tangga saat ini.
Pemanas setrika besi  terbuat dari arang batok kelapa atau arang  pohon-pohon yang biasa dijual diwarungan.

Cara menggunakannya hampir sama dengan setrika masa kini. Hanya saja, supaya setrika panas, arang terlebih dahulu dibakar di luar setrika. Setalah arang menjadi bara, lalu masukkan ke dalam setrikaan.

Ngomong-ngomong Brother setrika arang sebenarnya memiliki kesitimewaan tersendiri untuk digunakan menyetrika pakaian. Meski pun tentu saja dari sisi kepraktisan agak kurang, sebab  operator harus terlebih dahulu menyiapkan arang dan membakarnya.  Beda dengan setrika listrik, kapanpun mau, tinggal colokkan kabel.

Beberapa keistimewaan setrika arang sebagai berikut :
  • Hasil Setrikaan Wangi . jika Brother mempunyai setrikaan seperti ini yuk nolstalgia tanya-tanya ke orang tua jika pernah memakai setrikaan arang dan coba rasakan, ada wangi tersendiri dari bekas setrikaan pada pakaian. Terutama jika bahan pemanas terbuat dari arang batok kelapa. 
  • Hasil Setrikaan Lebih LicinMenggunakan setrika arang hasilnya lebih licin selain wangi tadi. Namun harus hati-hati, sebab sulit mengatur tingkat kepanasan.  Cara mengatur kepanasan nya biasanya memakai kaos yang tidak terpakai .
  • Irit Listrik tentunya Brother

Ternyata mengejutkan Brother harga dari Setrika Arang ini namun yang terbuat dari emas murni yang diposisi pegangan setrika dan badan nya memakai kuningan yang sangat dicari kolektor sampai 30juta ,Konon setrikaan ini diproduksi hanya untuk kalangan-kalangan kolongmerat dulu,jika sekarang hanya dipakai untuk pajangan. Ada yang punya ?hehehe

Jika setrika arang yang terbuat dari besi biasa seperti di gambar yang pertama sekitar 150rb sesuai bentuknya dan lubang penguapan karena dahulu setrika Arang harganya diitung dari lubang sisi bawah ,karena lubang itu menentukan panas nya yang dikeluarkan setrika arang .
Lubang setrika bisa di tutup buka . begitu Brother tentang setrika arang yang begitu mahal oleh tangan-tangan kolektor zaman sekarang.

Referensi :http://juraganlondry.blogspot.com/2014/09/3-kesitimewaan-setrika-arang-yang.html?m=1

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...