Wednesday, February 1, 2017

Mengapa Ponsel Xiaomi Murah namun Spek Tinggi ? Bikin Anda Penasaran


Selama dua tahun kebelakang ini Orang-orang banyak membicarakan tentang merek brands Xiaomi .Nama Xiaomi telah melejit sebagai sebuah nama yang identik dengan produk berkualitas berharga murah. Berbekal reputasi tersebut, Xiaomi pun segera menjelma menjadi sebuah kekuatan baru yang diperhitungkan di industri smartphone, bahkan sampai membuat pimpinan Samsung dan Lenovo.Menyikapi rasa penasaran berbagai pihak, VP Xiaomi Hugo Barra yang telah mengundurkan diri dari jabatanya yang sekarang lagi booming di media berita minggu ini . Hugo barra pernah menceritakan bagaimana perusahaannya biasa menjalani bisnis dengan margin keuntungan yang sangat kecil .
Pertama-tama, Xiaomi menjalankan bisnis mereka sepenuhnya lewat platform online; dengan cara ini, Xiaomi tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membiayai staff operasional di bagian gudang, juga tak dipusingkan dengan fee untuk para distributor atau toko ritel.
Faktor lain yang mungkin luput dari perhitungan adalah kemampuan Xiaomi menghemat biaya produksi lewat perhitungan siklus peredaran sebuah produk. Dalam penjelasannya, Barra mengatakan bahwa sebuah produk umumnya beredar di pasaran selama 18-24 bulan, dan selama masa tersebut produk terkait umumnya mengalami penurunan harga sebanyak 3-4 kali.
Siklus peredaran sebuah produk memegang peranan penting bagi strategi Xiaomi, karena semakin lama sebuah produk beredar, maka Xiaomi bisa mendapatkan komponen dengan harga yang jauh lebih murah dari para supplier. Akumulasi dari penurunan tersebut akhirnya memberikan margin keuntungan yang lebih besar bagi Xiaomi, dan hal itulah yang membuat mereka mampu menurunkan harga sebuah produk setelah produk tersebut lama beredar di pasaran.
Namun hal ini juga mutlak membutuhkan dukungan dari portfolio produk yang minim; Barra mengatakan bahwa portofolio Xiaomi yang masih sedikit memungkinkan mereka untuk mengatur pembiayaan produksi dengan jauh lebih efisien. Barra juga menekankan bahwa sekalipun dinamika bisnis yang mereka lakukan sangat sederhana, namun komitmen untuk menjaga sebuah produk bertahan sampai 2-3 tahun bukan sekedar lewat memberikan penurunan harga saja, tapi juga komitmen untuk terus memberikan update software serta komponen cadangan untuk keperluan reparasi bagi para pelanggan.
Faktor terakhir, Xiaomi menjalankan kampanye produk mereka sepenuhnya via kampanye online yang bisa dibilang sama sekali tak memerlukan bujet ekstra. Xiaomi hanya mengandalkan kampanye via social media serta kabar dari mulut ke mulut untuk menciptakan hype dan membuat para calon pelanggan mengetahui keberadaan mereka.
Dan menurut saya Brother kelebihan Ponsel Xiaomi ini karena saya juga memakai brands tersebut juga .
  1. Memiliki User Interface khas bernama MIUI
  2. Home sceen yang mudah dan tidak menyulitkan pengguna
  3. Selalu update ROM ,semakin bulan perubahan fitur semakin menambah namun harus diperhatikan kekuatan RAM ,karena update ROM cukup berat penyimpananya .
  4. Kamera yang sangat jernih ,kekuatan baterai diatas rata-rata ponsel android speak tinggi.
  5. Mempunyai Micloud jika kehilangan Ponsel ,Akan lebih mudah dilacak .
  6. Kepuasan tersendiri bagi pengguna dalam memakai smartphone ini.
Namun dibalik kelebihanya ada kekurangan yang paling susah untuk dipecahkan 
  1. Jika kita membeli di olshop mereka tidak akan memberikan garansi penjualan
  2. Distributor Ponsel xiaomi terkadang tidak semua menyediakan garansi.
  3. Pengguna harus pintar mengutak atik ponsel Xiaomi jika terjadi kerusakan sofware .
  4. Layanan service Xiaomi ada tapi dialihkan seperti perusahan-perusahaan tertentu yang terdaftar menservice brand Xiaomi .
  5. Harus selalu  bersama komunitas Xiaomi agar jiga ada keluhan atau kerusakan kita bisa mendapatkan masukan .
Itulah Brother tentang mengapa ponsel Xiaomi begitu murah namun speak tinggi yang saya ketahui dari berbagai sumber & pengalaman pribadi memakai ponsel Xiaomi (RAV)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...