Sunday, February 5, 2017

Awas Bahaya Virus Malware Di Android Semakin Tinggi

Hai Brother berrbicara tentang bahaya nya virus malware yang selalu ditemui pengguna android paling banyak di pop up atau iklan di suatu web tertentu yang bisa merugikan kita dari berbagai aktifitas personal dan keamanan ponsel milik kita.Yuk UCers kenali dulu tentang virus malware ini :
Apakah Virus malware itu ?
Malware adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap Android anda. Contoh perangkat lunak berbahaya meliputi:
  • Virus
  • Worm
  • Spyware
  • Perangkat lunak keamanan berbahaya
Apakah worm itu?
Worm merupakan kode komputer & android yang menyebar tanpa interaksi pengguna. Sebagian besar worm dimulai sebagai lampiran email yang menginfeksi Android ketika dibuka. Worm akan memindai Android yang terinfeksi untuk mencari file, contohnya buku alamat atau halaman web sementara yang berisi alamat email. Worm menggunakan alamat email tersebut untuk mengirim email yang terinfeksi, dan sering meniru (atau mengalihkan) Alamat "Dari" dalam pesan email sehingga pesan yang terinfeksi tersebut nampak seolah dari seseorang yang Anda kenal. Kemudian worm akan menyebar secara otomatis melalui pesan email, jaringan, atau kerentanan sistem operasi, dan seringnya memenuhi sistem-sistem tersebut sebelum penyebabnya diketahui. Worm tidak selalu merusak Android anda tetapi biasanya menyebabkan masalah Android dan kinerja jaringan serta stabilitas.

•Apakah spyware itu?
Spyware dapat diinstal pada Android tanpa sepengetahuan Anda. Program ini dapat mengubah konfigurasi Android Anda atau mengumpulkan data iklan dan informasi pribadi. Spyware bisa melacak kebiasaan pencarian internet dan juga dapat mengarahkan browser web Anda ke situs-situs yang berbeda dari yang Anda ingin kunjungi.* Spyware dapat langsung mengarahkan perintah kepada android anda untuk selalu mengakses web yang berbeda dari biasanya ketika berselancar memakai Browser anda dan selalu cek apa saja aplikasi yang ada di pengaturan aplikasi anda ,hapus program yang tidak dikenali asalnya*
Apakah perangkat lunak keamanan berbahaya itu?
Perangkat lunak keamanan berbahaya akan berusaha membuat Anda berpikir bahwa Android Anda terserang virus dan biasanya menyuruh Anda untuk mengunduh atau membeli produk yang menghapus virus. Nama produk ini sering berisi kata-kata seperti Antivirus, Shield, Security, Protection, atau Fixer. Nama-nama itu yang membuat program tersebut terkesan sah. Perangkat lunak itu seringnya berjalan tepat setelah Anda mengunduhnya ketika membuka tab pop up di browser web akan muncul tampilan seperti pesan "file anda terinfeksi virus anda harus mengintal ini . Pesan kesalahan atau pesan pop-up biasanya berisi kata-kata seperti gambar sebagai berikut:

Ketika anda mengunduh lalu menginstall aplikasi tersebut Android yang anda punya sudah terdapat virus dan kemungkinan virus itu akan selalu tersimpan di system android anda bahkan akan menimbulkan masalah-masalah pada android anda Brother seperti :
  • Baterai Menjadi Sangat Boros .
  • Seringnya Mendapatkan Gangguan Pada Saat MelakukanPanggilan/Dropped Call .
  • Boros Pulsa/ Terpotong otomatis .
  • Konsumsi koneksi data anda naik drastis .
  • Performa Android Menurun / Lag dan lama ketika menjalani proses restart .

Cara Mengamankan Android yang UCers punya , Berikut ini saya akan berikan tips mengamankan
Android anda dari serangan virus malware :
  • Mengunduh aplikasi Android dari sumber terpercaya, Seperti : 9APPS Store dan Google Play (pastikan detail aplikasi yang diunduh dan tingkat kepercayaan tinggi dari review dan rating pengguna).
  •  Gunakan Password pada Android anda agar tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain .
  •  Hindari Mengunjungi website yang tidak dikenal, khususnya dengan iming-iming menarik ( Anda telah mendapatkan Iphone 7 ,Anda memasukan nomer tlp dan verifikasi /Email dan kelengkapan data diri *Jangan pernah lalukan itu)
  •  Pasang Aplikasi keamanan pada Android anda ( Aplikasi keamanan biasanya sudah di rancang oleh suatu perusahan ponsel untuk ditanam di ponsel tersebut ) Jika Ponsel UCers tidak ada keamanan bisa mengunduhnya di (9APPS atau Google Play) seperti Clean master .
  •  Selalu unduh patch terbaru dari pembaruan versi Android ditempat market android resmi seperti ( 9APPS & Google play)
  •  Selalu pindai virus melalui antivirus yang ada di aplikasi clean master anda. 
  •  Berselancar memakai browser android yang memiliki ads blok ( blokir iklan) yang kuat .
Itu lah Brother sedikit tentang virus malware dan tips untuk mencegahnya. Virus malware akan selalu ada datang kepada ponsel milik kita tanpa disadari ,jika kita tidak tahu sumber asalnya.(RAV)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...