Monday, February 27, 2017

Keunikan Kopi Joss Khas Yogyakarta Bikin Anda Ngiler...

(©Instagram/Putu Hendra @santaisious)

Hai Ucers kalian pasti ada yang belum tau dengan salah satu kopi khas dari Yogyakarta ialah Kopi Joss . Kopi joss paling unik jika dilihat dari penyajianya dan rasanya luar biasa nikmatnya  Kopi joss adalah satu-satunya kopi yang pakai arang didalam sajianya. Di Yogyakarta UCers bisa temui angkringan-angkringan yang menyediakan menu kopi joss .

(©nomadicnotes.com)
Jika UCers jalan-jalan di Yogyakarta jangan lupa tengok kiri tengok kanan karena banyak pula angkringan-angkringan yang bisa kita temui ,apabila kita jalan-jalan disekitar Jalan Mangkubumi sekitaran Stasiun Tugu Yogyakarta kita dapat menemui banyak hidangan khas Yogyakarta.*Pokonya ada bakul ada gelas yang tertata disitulah ada kopi josss".Yuk kita lihat sedikit gambaran proses pembuatan kopi joss :
(@nomadicnotes.com)
Terlihat kan UCers Pembuatan kopi joss ini sangat terampil dan penuh kehati-hatian, Karena ada arang panas setelah bubuk kopi dicampur dengan beberapa sendok kecil gula, bisa juga ditambahkan sedikit susu. Air panas yang sedari tadi sudah mendidih dalam tungku arang secara perlahan mulai dituang ke dalam gelas. Siraman air panas mendidih mengeluarkan asap dan aroma khas kopi yang sangat kuat saat menyentuh kopi dan gula dalam gelas. Apalagi setelah penjual mengaduk gelas kopi yang ada di atas meja angkringan. Aroma harum kopi semakin sedap dan satu yang paling unik ini adalah *Suara Josssss dari arang panas yang masuk ke dalam Kopi Josss '
 
(©nomadicnotes.com)
Terlihat kan UCers arang mulai mendidih dan menyatu dengan 3 gelas kopi yang berjajar.
Tidak hanya kopi joss yang dapat kita nikmati  banyak menu pula di angkringan yang menyediakan gorengan ,nasi kucing ,sate-satean,dan minuman hangat lainya .
 
Tapi arang ini sangat menyehatkan loh UCers ? Jika
Arang dibakar di atas suhu sekitar 250 derajat celcius, secara alami akan merubah arang menjadi karbon aktif yang berfungsi mengikat polutan dan racun yang ada dalam tubuh. Arang atau karbon aktif sudah dikenal ampuh sebagai obat alami anti racun. Di negara maju sekalipun seperti Amerika Serikat, arang diracik sedemikian rupa sebagai bahan dasar utama pembuatan obat anti racun dalam bentuk suspensi tablet kunyah, cairan, pil dan bubuk. Produknya meliputi Diarrest,( Donnagel, EZ-Char, Kaopectate, Kaopek dan Actidose-Aqua ).
Jangan beranggapan bahwa arang itu bahaya . malah lebih baik UCers ketika arang masuk kedalam gelas kopi ,arang mampu menetralisir kopi menjadi lebih baik dan sehat .Makin bangga kan menjadi orang Indonesia dengan sejuta pesona keunikan kuliner nusantaranya ,Jika UCers mampir ke Yogyakarta jangan lupa cari angkringan dan ngopi bareng keluarga tercinta,1 gelas hanya dibandrol rata-rata Rp:3000 - 8000 per gelas sesuai keinginan kopi joss pakai susu atau tidak. Begitulah sedikit gambaran kopi joss dari saya ,jangan lupa ya selalu beli jajanan khas Indonesia agar kita semakin cinta dengan apa yang kita punya ,Terimakasih (RAV)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...