Monday, February 27, 2017

Indahnya Masa Kecil Tanpa Gadget, Apa Kamu Merasakan Juga ?

Hai UCers semua yang lahir tahun 80-90an pasti pernah merasakan betapa indahnya hidup tanpa gadget di masa kecil kita ,Namun jika kita simak kembali anak-anak zaman sekarang umur 8-14 tahun sudah sibuk memainkan ponsel bahkan berinternet untuk membuka sosial media , Kalo kita dulu boro-boro kepikiran yang ada asal bawa uang seribu terus bisa main sama teman-teman . sampai kena marah kalo pulang  main sampai magrib hehehe hayo ngaku siapa pernah dimaharahi sama Emak ...

Yuk UCers kita sedikit bernolstagia dengan melihat foto-foto permainan yang pernah kita mainkan dulu ;
1.Petak Umpet
 (©mainantradisionalindonesia.wordpress.com)

Ayoo siapa yang belum pernah main petak umpet ??? siapa yang suka kebagian jaga hehehe kalo ngumpet pernah sampe ke rumah sendiri biar kebingungan tuh yang jaga hahaha .

2.Lompat Tali
(©marneskliker.com)

Biasanya Lompat tali dimainkan oleh perempuan karena kalo laki-laki main sering di teriakin hehehe UCers pasti tau diteriakin apa..Dan uniknya anak Perempuan pasti beli karet ke warung bisa sampe 30 pcs buat dibikin satu tali karet .

3.Main Kelereng
(©kompas.com)
 
Pasti disini ada yang jago nembak dari jauh apalagi kalo main 6 orang wuhh makin greget kalo udah 3x kena tuh lawan .biasanya suka diteriakin temen-temen biar kita merasakan panik hehehe
 
4.Congkak
(©kebudayaanIndonesia.net)
 
Saya kurang ngerti main Congkak namun menyenangkan melihat teman-teman sebaya saya dulu bermain ini sampe 2jam biasa khususnya Anak perempuan . Cukup diteras rumah atau di taman-taman kota masih ada yang bermain Congkak sampai sekarang.
 
5.Bancakan (Sunda)
(©kidnesia.com)
 
Saya suka terharu kalo main permainan bancakan , kalo jadi yang jaga suka sakit hati ,ngumpet sesuai waktu seseorang yang jaga nyusun pecahan genteng ,lalu teman-teman ngumpet hehehe ,Kalo kena pertama bisa-bisa kita yang jaga. Permainan ini paling banyak dimainkan di daerah Jawabarat .
 
 6.Egrang
(© yourshot.nationalgeographic.com)
 
Betapa hebatnya permainan ini ketika kita belajar untuk selalu terjatuh dan menyeimbangkan tubuh , seruuu abis main Egrang apalagi sama temen-temen berjajar sampe ngelilingi jalan-jalan di sekitar rumah .
 
7.Jedoran atau Pepeletokan
(©facebook.com/tutorialhandmade)
 
Ini baru permainan favorit saya kalo lagi puasa hehehe . modal kertas sama air bisa tembak-tembak teman , tapi tembaknya ke area badan hehehe terkadang kita modif ini Jedoran pake asesoris bambu lagi biar kaya senjata prajurit TNI kita hehehe .
 
8.Sepak Sawut / Bola Api
(©stevefreemanphotography.com)
 
Yang ini baru greget permainan yang selalu ditunggu-tunggu tiap malam minggu , jika pada hari-hari biasa kita merangkai serabut kelapa ,yang direndam minyak tanah sampai berhari-hari lalu di mainkan pada malam minggu biasanya .Penonton bisa sampai seRT kalo sekali main itu hehehe mantap kan UCers.
 
Itulah UCers permainan yang saya pernah mainkan dulu ,namun masih banyak permainan tradisional yang belum saya sebutkan kembali. Sekian banyak permainan tradisional dari daerah-daerah kita diseluruh Nusantara Indonesia .Walau hanya sedikit cerita didalam artikel ini,sedikit mampu mengurangi kerinduan kita semasa kecil , Mungkin Anak -anak zaman sekarang sudah sedikit melupakan sejarah permainan tradisional disisi banyaknya kesibukan bermain gadget,Namun saya selalu salut jika menonton televisi yang sering menayangkan acara Anak yang mengungkap keseruan permainan tradisional nusantara. Bangga menjadi Orang Indonesia dengan ragam kebudayaan yang menyatu di dalam setiap kegiatan yang bermanfaat di lingkungan sosial. Saya hanya mengharapkan kepada Pemerintah disetiap sekolah tingkat SD ditanamkan Olahraga yang mengenal Permainan Tradisional agar permainan tradisional dapat dikenal selamanya dari masa ke masa .(RAV)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...