Friday, February 24, 2017

Manfaat Menakjubkan Dari Buah Apel !


Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.Apel itu banyak ragamnya namun dikalangan masyarakat Apel lebih dikenal 2 jenisnya yaitu apel merah dan hijau . Apa kandungan nutrisi yang ada didalam apel ? 
  • Apel mengangung flavonoid, polifenol dan vitamin C yang bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungu tubuh dari bakteri dan virus yang mengancap kesehatan. Kandungan beta-karoten (Vitamin A) di dalamnya mampu melawan sel kanker dan menurunkan kolesterol
  • Nilai kandungan gizi Apel per 100 g (3.5 oz)
    • Energi 218 kJ (52 kcal)
    • Karbohidrat 13,81 g
    • Gula 10,39 g
    • Diet serat 2,4 g
    • Lemak 0,17 g
    • Protein 0,26 g
    • Air 85,56 g
    • Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
    • Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%)
    • Riboflavin (Vit. B2) 0,026 mg (2%)
    • Niacin (Vit. B3) 0,091 mg (1%)
    • Asam pantotenat (B5) 0,061 mg (1%)
    • Vitamin B6 0,041 mg (3%)
    • Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
    • Vitamin C 4.6 mg (8%)
    • Kalsium 6 mg (1%)
    • Zat besi0,12 mg (1%)
    • Magnesium 5 mg (1%)
    • Fosfor 11 mg (2%)
    • Kalium 107 mg (2%)
    • Seng 0,04 mg (0%)
    Sumber: USDA Nutrient database (Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.)
Lihat kan UCers sangat banyak kandungan nutrisi didalam sebuah apel jika dilihat secara persentasinya, Lalu apa manfaat menakjubkan dari apel untuk kesehatan ?
  1. Mencegah Kanker Apel bersifat sebagai anti-kanker yang tentunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker.Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.
  2. Menangkal Radikal Bebas
    Kulit apel adalah salah satu sumber makanan terbaik penghasil zat yang dikenal dengan quercetin. Antioksidan potensial ini sangat mahir menghancurkan radikal bebas penyebab penyakit di dalam tubuh. Selain itu, juga membantu melawan peradangan yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Dosis besar quercetin juga terbukti dapat mencegah infeksi pernafasan-atas pada pria yang sering berlatih di gym.
  3. Menurunkan Kolesterol
    Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.
  4. Mengobati Asma
    Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum.
    Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma
  5. Mengeluarkan Racun Makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari selalu menyisakan racun dalam hati yang mana bila dibiarkan menumpuk akan merusak fungsi hati, bahkan merembet mempengaruhi organ tubuh lain. Salah satu langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah makan buah-buahan yang tinggi vitamin, mineral dan serat seperti apel untuk membantu mendetoksifikasi racun dari dalam hati Anda, jika racun sudah disapu bersih Anda tidak perlu khawatir akan penyakit yang mungkin menyerang Anda akibat rusaknya hati.
  6. Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh
    Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit.
    Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diringankan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.
  7. Mengendalikan Gula Darah
    Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.
    Wanita yang setiap hari setidaknya makan satu buah apel dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28 persen dibandingkan dengan mereka (para wanita) yang tidak konsumsi apel.
  8. Memutihkan Gigi
    Menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi. Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.
  9. Mencegah Kanker Kulit
    Apel juga membantu memelihara kondisi kesehatan kulit dari dalam sehingga tampilan pesona yang terpancar sangat menakjubkan, salah satu kehebatannya adalah mencegah kanker kulit.
    Apel merupakan sumber vitamin A yang menurut dokter membantu mengurangi risiko terhadap kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada pria sampai 5% dan wanita sampai 4%.
  10. Mencegah Dehidrasi
    Apel juga terdiri dari 85% cairan. Makan satu apel ukuran sedang sama seperti minum 5 ons air. Konsumsi apel bisa membantu mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).
Itulah UCers manfaat yang menakjubkan dari buah apel serta segala nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita . Hanya dengan mengkomsumsi 1 buah apel dalam seminggu dapat membantu menjaga kesehatan kita dalam jangka waktu yang panjang .Apel merah maupun hijau sama dalam tingkatan nutrisinya . Walau tidak semua apel rasanya manis namun tetap kandungan dari apel ini luar biasa untuk kesehatan kita semua .Dan diingatkan kembali jangan lupa membeli apel asli dari Indonesia ,Yuk cintalilah kekayaan alam kita,Karena apel asli Indonesia sangat terjaga kualitasnya tanpa bahan kimia dan pengawet yang terkandung untuk melapisi di kulit bagian luar dari apel . (RAV/Kesehatan)



No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...