Tuesday, January 31, 2017

Fakta atau Mitos ,Imlek Hujan Pertanda Hidup Makin Beruntung ?

                        (Sumber gambar:money.id)

Hai Brother Pernahkah kalian mendengar jika hujan turun pas waktu tahun baru Imlek itu pertanda orang china nambah kaya nambah maju nambah makmur & sejahtera sampai tahun depan itu yang pernah saya dengar dari percakapan orang-orang disekitar lingkungan rumah .
Tapi menurut saya mah sedikit dialog yang aneh untuk di dengar tapi sedikit bikin penasaran.
Tapi saya punya temen keturunan Tiong Hoa pernah ngobrol sedikit tentang tahun baru Imlek . sering di panggil Ahong , lalu saya pernah bertanya "Hong kalo di hari raya imlek kalo hujan itu pertanda apa Hong ?  kalau hujan turun pada waktu Imlek itu adalah lambang kemakmuran bro khususnya untuk setahun yang akan datang . Bila semakin deras, diyakini semakin besar pula rezeki yang bisa mereka peroleh di tahun baru itu. Oh gitu Hong kalo lebaran saya mah hujan engga hujan yang terpenting bisa nyentuh tangan orang tua dan meminta maaf dan berkumpul bersama keluarga makan bareng pakai ketupat opor ayam.

Dan saya suka bilang juga Gong Xi Fa Cai ke temen yang merayakan tahun baru Imlek.
Dan dalam perayaan imlek yang saya pernah lihat, biasanya mereka saling mengunjungi  keluarga besar. Yang lebih muda mengunjungi  yang lebih tua. Kumpul-kumpul dan makan bersama. Oh ya di hari itu ada mitos tidak boleh membersihkan / menyapu rumah. Konon bisa membuang rezeki. Jadi meskipun habis makan berantakan dan kotor, mereka membiarkan saja dan menunggi hari besok untuk membersihkannya.
Selain itu saling mengucapkan gong xi fa cai dan memberi angpao kepada yang lebih muda atau anak-anak yang belum bekerja.Angpao adalah uang yang dibungkus amplop merah dan dikasihkan sebagai hadiah pada tahun baru. Arti gong xi fa cai sendiri adalah selamat sejahtera, bukan selamat tahun baru.
Itulah UCers yang saya ketahui tentang mitos & fakta tentang turunya hujan di tahun baru Imlek .
-Ryan

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Greget, Emak-emak Ini Beli Kapal Perang Lewat Situs Online

Barang apa yang biasa kita beli di toko online? Mungkin ponsel, atau laptop, atau barang-barang lain semisal baju, buku, dan semacamnya...